Keuntungan Usaha Laundry

0 By

Keuntungan Usaha Laundry

Keuntungan Usaha Laundry – Usaha laundry kiloan modal kecil sudah menjamur di mana-mana, bahkan di lingkungan Anda sekali pun. Usaha laundry kiloan sebenarnya memberi harga terjangkau yang sesuai kantong pembeli. Jasa laundry yang diberikan bervariasi, ada laundry kiloan, laundry ekspres, laundry sepatu, laundry alas kasur, laundry boneka, laundry karpet, atau laundry baju yang diperlakukan khusus (jas, kebaya, songket, batik).

Usaha laundry kiloan memiliki prospek menjanjikan dan menguntungkan. Memang, sudah pengusaha laundry kiloan lain dan menawarkan jasa yang sama. Di sinilah letak persaingan dan tantangannya.

Anda juga bisa memulai laundry kiloan dengan paket usaha laundry. Modal yang dibutuhkan relatif, tergantung ketersedian bujet. Untuk pemula, rata-rata modal yang diperlukan adalah Rp 7 juta- 15 juta. Sedangkan yang profesional biasanya berkisar di atas Rp 30 juta.

Lalu bagaimana keuntungan usaha ini ? Mengingat butuh banyak biaya untuk membeli peralatan, belum lagi butuh waktu balik modal dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Berikut ini adalah pembahasannya.

Keuntungan Usaha Laundry

Keuntungan Usaha Laundry non finansial

Keuntungan-keuntungan ini berupa hal-hal yang tidak bisa diukur dengan uang. Hal tersebut mencakup pada pengalaman, koneksi, kesempatan, dan kebebasan.

  1. Mengasah kemampuan wirausaha

Berwirausaha itu butuh kreatifitas, dan biasanya potensi Anda akan dikerahkan ekstra. Kemampuan berwirausaha seperti melihat peluang, membaca situasi, mengelola keuangan, mengatur sistem kerja adalah kemampuan yang bisa dilatih.

  1. Memaksimalkan waktu dengan keluarga

Wirausahawan sangat bangga jika memiliki waktu dengan keluarga. Tidak seperti pekerja kantoran, pengusaha laundry bisa bersantai dan bernapas panjang bersama keluarga. Stres tetap ada, tapi bisa dikelola bukan?

  1. Kebebasan waktu luang

Bebas memiliki waktu luang, artinya bisa merdeka kapan memilih waktu untuk mendekatkan diri dengan karyawan, mengevaluasi usaha, ikut kelas atau seminar tentang usaha laundry. Menyenangkan bukan?

  1. Menggaji karyawan sendiri

Perlu keuntungan yang lebih besar agar dapat menggaji karyawan. Gajilah dengan upah yang layak, meskipun di bawah upah minimum regional. Hargai kerja keras mereka, karena menggaji bukan soal uang.

  1. Menyediakan lapangan pekerjaan

Sudah pasti, jika Anda memiliki usaha laundry, maka peluang kerja akan terbuka. Keuntungan usaha ini adalah dapat membantu orang lain untuk bekerja dengan Anda. Beban kerja menjadi berkurang.

  1. Menambah ranah UKM dan UMKM

Ranah usaha kecil menengah (UKM) dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) semakin merambah. Usaha laundry termasuk pada dua hal itu.

  1. Meningkatkan daya saing lokal

Karena bersifat UKM dan UMKM, maka usaha laundry mampu meningkatkan daya saing lokal. Terlebih, yang diuntungkan adalah pengusaha deterjen, peralatan laundry, atau jasa pemasaran.

  1. Mampu belajar melihat peluang

Kemampuan wirausaha ini pantas untuk dipelajari. Karena bisnis ada dinamika, maka ada resiko. Namun, tetap ada peluang baik untuk melejitkan keuntungan usaha laundry.

  1. Dapat membaca situasi pasar dan lingkungan

Selain peluang, ternyata pengusaha laundry juga perlu membaca situasi pasar dan lingkungan. Apakah butuh jasa laundry kiloan? Atau jasa laundry koin? Lalu, bagaimana sistem drainase di sana? Apakah usaha Anda bisa merusak kondisi air tanah dan merugikan warga sekitar?

  1. Mengerti kebutuhan konsumen

Keuntungan usaha laundry paling dasar adalah dapat mengerti kebutuhan konsumen. Apalagi jika Anda berjodoh dengan lokasi usaha strategis.

  1. Membantu orang lain

Membantu orang lain di sisi membuka pekerjaan, iya. Membantu dari sisi kebutuha konsumen, iya juga. Menarik bukan?

  1. Memahami dan menata alur keuangan usaha

Dalam berwirausaha, paham dalam menata alur keuangan usaha itu penting. Anda bisa menyesuaikan diri, mengatur emosi, dan realistis demi usaha laundry.

  1. Belajar mengatur prioritas pengeluaran

Pengeluaran di sisi peralatan sangat memakan biaya. Misal, jika pandai mengolah barang bekas untuk rak kain dan keranjang pakaian, misalnya. Tentu Anda tidak perlu membeli lagi kan? Itulah cara mengatur prioritas pengeluaran.

  1. Mendapat jejaring dan koneksi bisnis

Inilah keuntungan usaha laundry yang paling tidak diduga, yakni mendapat jejaring dan koneksi bisnis. Potensi Anda melejit, Anda juga bisa mengembangkan usaha laundry suatu saat nanti.

  1. Dapat membuka franchise laundry

Ke depannya, membuka franchise laundry adalah keuntungan usaha laundry yang tiada putus. Asal pandai-pandai mengatur keuangan dan mengelola karyawan ya.

Itulah keuntungan dari usaha laundry sisi non finansial. Lalu, bagaimana dari sisi keuntungan finansial?

Keuntungan Usaha Laundry Kiloan

Keuntungan Usaha Laundry secara finansial

Kalau berbicara keuntungan finansial, tentu tidak jauh-jauh dari perhitungan biaya pembelian peralatan, biaya operasional, dan lain-lain. Poin kali ini membahas analisa keuntungan usaha laundry.

Sebelumnya, anggaplah Anda sudah mempunyai patokan nilai biaya peralatan laundry. Sehingga jika masuk ke pembahasan perhitungan biaya operasional, bisa terbantu dalam menghitungnya. Ini dia pembahasannya.

Rinican biaya operasional yang diperlukan

Berikut ini adalah contoh skema perhitungannya.

  • Gaji 1 karyawan = Rp 950.000 per bulan
  • Biaya listrik (tergantung besar daya) = Rp 650.000 per bulan
  • Biaya air (tergantung pemakaian) = Rp 500.000 per bulan
  • Biaya pulsa = Rp 200.000 per bulan
  • Biaya promosi (baik online atau offline) = Rp 299.000
  • Biaya perlengkapan toko (spanduk/banner) = Rp 300.000

Perkiraan total biaya operasional adalah                                 = Rp 2.899.000

Biaya operasional sebenarnya tergantung pada pemakaian, jika berbicara soal biaya air, listrik, dan pulsa. Jika membicarakan soal biaya tidak terduga, perbesar porsinya.

Sedangkan gaji karyawan, beri apresiasi berupa upah layak. Jangan sampai usaha untung namun kinerja buruk gara-gara gaji karyawan tidak sepadan dengan beban kerja. Ini berpengaruh pula pada reputasi usaha laundry kiloan Anda.

Melihat perhitungan tersebut, ini menggambarkan bahwa usaha laundry butuh modal sesuai bujet Anda. Soal besar atau kecilnya nilai, itu tergantung perspektif dan strategi pemasaran.

Sekarang, mari bahas analisa break even point (BEP) yang melibatkan nilai omset dan total biaya operasional. Perhitungan BEP menentukan seberapa layak menjalankan usaha laundry.

  1. Rincian perhitungan BEP

Rumus perhitungan BEP adalah nilai omset dikurang nilai biaya operasional. Berikut perhitungannya.

Perhitungan omset per bulan. Sebelumnya, asumsikan:

  • Harga order jasa laundry kiloan = Rp 5.000 per kg, rata-rata 180 kg per hari

Maka, kita bisa menghitung nilai omset per bulan sebagai berikut.

  • Nilai omset per bulan Rp 5.000 x 180 kg x 30 hari

= Rp 27.000.000

Perhitungan BEP adalah sebagai berikut.

  • Nilai omset per bulan – nilai biaya operasional = Rp 27.000.000 – Rp 2.899.000

= Rp 24.101.000

Perlu diingat, perhitungan BEP ini bisa saja melenceng dari bujet yang sudah Anda hitung. Perhitungan di atas adalah skema kasar untuk mendapat gambaran saja.

Maka, usaha laundry memiliki resiko dan keuntungan sebagai berikut.

  1. Resiko kecil

Resiko kecil jika nilai biaya operasional dan biaya peralatan lebih sedikit. Biasanya ditemukan pada para pengusaha yang memulai usaha laundry dari nol.

  1. Resiko menengah

Usaha ini juga termasuk dalam resiko menengah. Karena membutuhkan modal besar dan harus diimbangi dengan peningkatan nilai omset per bulan.

  1. Resiko tinggi

Resiko ini ditemukan pada pebisnis laundry kelas profesional. Secara realistis, semakin besar modal, pelayanan makin tinggi, pelanggan pun tidak sembarangan bukan?

Itulah analisa usaha laundry kiloan yang bisa membantu Anda. Analisa tersebut bisa memberi gambaran untuk berwirausaha di jasa laundry kiloan. Dan juga, bisa menggambarkan keuntungan dari usaha laundry Anda.

Sebagai tips, prioritaskan peralatan laundry dengan kualitas terbaik, tahan lama, dan mampu bekerja cepat. Biasanya memiliki rentang harga sekitar Rp 1,9 juta – Rp 3,25 juta. Dapatkan pula  setrika uap harga terjangkau yang berdaya tampung 5 liter – 25 liter di toko Produsen Setrika Boiler. Terjangkau, hemat, kurang dari Rp 5 juta. Gratis ongkos kirim wilayah Jawa Timur, Bali (Denpasar), dan Kalimantan Selatan (Banjarmasin).

Keuntungan Usaha Laundry – Beli segera setrika uap khusus usaha laundry kiloan modal kecil. Lebih hemat, hasil setrika cepat rapi, pelanggan puas. Selamat bekerja!

Bagikan sekarang