Cara Usaha Laundry Pemula

0 By

Cara Usaha Laundry Pemula

Cara Usaha Laundry Pemula – Pengusaha laundry kebanyakan memulai dari nol. Mereka juga memanfaatkan modal seadanya dengan harapan mendapat untung sebanyak-banyaknya. Sebagai pemula, tak jarang bila menjadi pengusaha laundry adalah jalan yang menantang.

Peluang-peluang yang bisa dilihat para calon pengusaha laundry yakni kesibukan orang yang tidak sempat mencuci baju, butuh jasa laundry untuk baju yang butuh perlakuan khusus, atau bahkan sekedar bisa melihat peluang lokasi yang ramai dan berpotensi menjadi tempat usaha laundry.

Cara Usaha Laundry Pemula

1. Lokasi strategis
Pilih dan tentukan lokasi yang bisa menggambarkan target pasar yang akan dituju. Misalnya, target pasar mahasiswa, lakukan survei ke daerah kosan atau kontrakan mahasiswa.
Pilih pula lokasi yang mudah diakses orang kebanyakan, misalnya di pinggir jalan raya, di dekat perumahan atau kos, atau di kawasan komersil lainnya. Usahakan tempat usaha memiliki ruangan nyaman dan tersedia sistem drainase yang baik.
Cara Usaha Laundry Pemula

Daftar bisnis Anda ke Google Bisnisku atau tandai lokasi usaha Anda di peta Google, agar mudah dilacak calon pelanggan. Hal yang paling utama, mengelola usaha laundry juga perlu bertanggungjawab mengelola limbah dan sanitasi. Jangan sampai usaha untung namun justru merusak lingkungan 10-20 tahun kemudian bukan?

2. Paket usaha laundry yang praktis
Memulai usaha laundry dari nol butuh waktu dan strategi tertentu. Cara usaha laundry pemula yang paling mudah adalah menggunakan paket usaha laundry. Paket ini terbilang praktis karena sudah tersedia peralatan usaha laundry, bantuan operasional, jasa pemasaran, dan sebagainya.
Paket usaha laundry tersedia di berbagai toko online dan situs khusus laundry. Pastikan memilih paket dengan penuh pertimbangan ya!

Cara Tips Usaha Laundry Pemula

3. Harga terjangkau
Usaha laundry adalah bisnis dengan persaingan ketat. Karena itu, tentukan dan pasang harga yang terjangkau. Pastikan penawaran harga setara dengan kualitas yang akan didapatkan pelanggan. Penawaran harga juga sebaiknya disesuaikan target pasar, agar lebih realistis dan pelanggan bisa menyeimbangkan pengaturan keuangan mereka.

4. Jam buka toko pagi
Jam buka toko yang lebih pagi meningkatkan peluang keuntungan lebih besar. Misalnya, pelanggan lebih pagi mengantar baju cucian sebelum berangkat kerja atau kuliah. Jam buka toko lebih awal justru memudahkan pelanggan.
Perhatikan ketepatan waktu penyelesaian laundry. Jika dijanjikan selesai 2-3 hari, tepatilah, kalau perlu lebih cepat dari yang dijanjikan. Ini akan menambah reputasi, penilaian, dan tingkat kepercayaan dari pelanggan.

5. Jasa layanan bervariasi
Selain usaha laundry kiloan, buka layanan laundry ekspres, laundry selimut, laundry tas, laundry sepatu, laundry jas, dan lain-lain. Tawarkan pula varian pewangi laundry, agar pelanggan bisa memilih pewangi yang mereka suka.
Jika Anda menawarkan jasa laundry ekspres, perhatikan hasil setrika yang rapi dalam waktu cepat. Gunakanlah setrika uap untuk menambah produktivitas kerja Anda.

Usaha Laundry Pemula

6. Kualitas layanan terbaik
Layani konsumen dengan cara terbaik Anda. Cara usaha laundry pemula ini bisa dibilang agak tricky, karena harus pandai membaca kemauan konsumen. Tawarkan layanan yang layak, misal harga jasa laundry yang agak mahal, namun beri layanan terbaik seperti pengemasan yang baik, hasil setrikaan rapi, keramahan pemilik usaha, dan lain-lain.
Selain itu, tanganilah pakaian-pakaian konsumen dengan cermat untuk menghindari kelunturan atau kusut. Sebagai bagian dari pelayanan, Anda perlu berhati-hati dalam menangani hal ini.

7. Pasarkan usaha laundry
Jasa pemasaran usaha laundry biasanya tersedia sepaket dengan paket usaha laundry. Langkah ini lebih hemat dan praktis. Untuk konsultasi pemasaran dengan pihak penyedia paket usaha juga lebih mudah.
Jika Anda tidak menggunakan paket usaha laundry, maka memasarkan sendiri adalah opsi terbaik. Biasanya melalui media online seperti media sosial Instagram, Facebook, atau Twitter. Sedangkan konvensional, melalui mouth to mouth atau mulut ke mulut.
Agar lebih menarik, buat promosi berupa diskon khusus untuk pelanggan pertama. Jika Anda menawarkan membership, beri gratis layanan setrika uap jika pelanggan sudah 10 kali laundry.

8. Pengaturan keuangan terencana
Salah satu cara usaha laundry pemula yang paling mendasar adalah soal mengatur keuangan. Ya, pengaturan keuangan harus terencana, tercatat, dan terukur. Mengingat jasa laundry adalah usaha bermodal besar, namun butuh usaha keras untuk mendapatkan balik modal.

Agar lebih praktis, catatlah segala transaksi dan pemasukan usaha di aplikasi pengaturan keuangan.
Itulah cara usaha laundry pemula yang membahas bagian tips. Lalu, apa saja rincian barang yang dibutuhkan? Dan bagaimana cara memilihnya? Berikut adalah pembahasannya.

Barang yang dibutuhkan untuk Usaha Laundry Pemula

Peralatan usaha laundry kiloan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

  1. Mesin laundry
    Mesin cuci ini dikhususkan untuk laundry. Pilih mesin yang mampu bekerja cepat dan tahan banting dengan beban pakaian tertentu. Selain mesin cuci, sertakan pula mesin pengering. Namun, sesuaikan pula dengan merek dan ketersediaan mesin pengering tersebut.
    2. Rak pakaian
    Rak ini untuk menyortir dan memisahkan pakaian. Selain itu, juga membedakan pakaian yang sudah dicuci, disetrika, dan siap dikemas.

Sediakan satu kolom rak untuk satu pelanggan agar tidak tertukar. Pisahkan antara kolom pakaian bersih dan kolom pakaian kotor.

  1. Meja panjang
    Meja panjang berguna untuk menerima dan mengembalikan pakaian konsumen, juga berfungsi untuk meletakkan alat tulis kantor, timbangan, atau sekedar menumpuk pakaian yang akan dicuci.

Jika memungkinkan, emodifikasi meja dari bahan kayu bekas atau meja bekas. Ini bisa menghemat pengeluaran dan mengurangi sampah perabot.

  1. Label gantung
    Label gantung dilengkapi dengan kawat atau tali plastik ringan yang berguna untuk menandai baju pelanggan. Label ini memudahkan penyortiran baju sesuai bahan kain agar tidak luntur dan rusak.
  2. Timbangan
    Timbangan berfungsi untuk melihat berat baju yang akan dicuci. Perkiraan berat membantu Anda untuk memperkirakan waktu pengerjaan dan penyelesaian laundry.
  3. Tas kain
    Tas kain lebih praktis, murah, dan bisa dipakai berulang kali. Tas kain memudahkan konsumen untuk membawa atau menjemput pakaian. Agar lebih tahan lama, pilih bahan tas yang benar-benar dari kain, bukan bahan non-woven atau spundbon.
  4. Plastik transparan besar
    Kantung plastik transparan ukuran besar diperlukan untuk membungkus karpet, boneka, baju bahan khusus (kebaya, jas, songket, batik). Gunakanlah dengan bijak dan tidak boros, agar tidak menambah biaya dan sampah di sekitar lingkungan toko.
  5. Gelas takar
    Deterjen cair perlu diukur dengan gelas takar. Takarlah deterjen atau pelembut cair sebelum ke pakaian, agar dapat menghindari pakaian dari kerusakan, luntur, dan pudar.
  6. Setrika uap
    Setrika uap atau setrika boiler mempercepat kerja. Peralatan usaha laundry kiloan ini biasanya disertakan dalam paket usaha laundry kiloan, namun bisa juga dibeli secara mandiri. Setrika uap rata-rata berkapasitas 5 liter – 25 liter.
  7. Meja setrika
    Pilih meja setrika khusus laundry. Meja ini dirakit dan disediakan dengan lebar yang besar.
  8. Cara memilih peralatan usaha laundry pemula
    1. Pilih yang terjamin kualitasnya
    2. Pastikan sesuai dengan kebutuhan usaha laundry pemula
    3. Ketahui cara perawatan dan perbaikan
    4. Cek masa garansi mesin
    5. Gunakan barang yang terbaik dan tahan lama
    6. Sediakan setrika berkapasitas besar, seperti setrika uap
    7. Harga terjangkau dan sesuai bujet usaha

Cara Usaha Laundry Pemula – Dapatkan setrika uap dengan harga terjangkau dan berdaya tampung 5 liter – 25 liter. Dapatkan setrika uap di toko Produsen Setrika Boiler dengan rentang harga Rp 2,5 juta – Rp 5 juta. Gratis ongkos kirim untuk wilayah Jawa Timur, Bali (Denpasar), dan Kalimantan Selatan (Banjarmasin).

Bagikan sekarang